Bahan kimia berbahaya dalam kosmetik


Bahan kimia berbahaya dalam kosmetik
Seringkali ketika anda membeli kosmetik untuk kecantikan tidak membaca bahan yang tertera dalam produk tersebut. Tapi ketika anda membaca bahan-bahan di bagian belakang setiap produk kecantikan atau perawatan kulit,

ada daftar panjang bahan kimia berbahaya yang tidak anda mengerti. Pasti ada sejumlah resiko yang terkait dengan bahan kimia tersebut. Jangan tertipu dengan istilah organik atau bahan alami pada label di cover depan. Pastikan anda sudah membaca daftar bahan dibagian belakang sebelum membelinya.

Berikut ini daftar bahan kimia yang berbahaya dalam produk kosmetik yang harus anda ketahui:

Parabens : Merupakan kelompok senyawa yang digunakan sebagai pengawet dalam industri farmasi dan kosmetik. Parabens yang sering digunakan dalam kecantikan adalah perawatan kulit dan aroma bahan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Pada dasarnya pada produk kosmetik lain digunakan untuk bahan pengawet. Sudah diperkirakan bahwa setiap hari wanita yang menggunakan 50 mg produk kosmetik yang mengandung parabens akan mendapatkan alergi. Karena parabens akan meresap kedalam kulit dan terserap aliran darah merah, sehingga akan mengganggu metabolisme tubuh.

Sodium lauryl sulfat dan sodium laureth sulphate : Setiap produk kecantikan yang menghasilkan busa sampai memiliki SLS didalamnya, lebih berbahaya dari produk kosmetik lainya. 90% dari produk yang digunakan sehari-hari berisi kedua bahan ini. Bahan ini biasanya digunakan dalam produk sampo, pencuci muka, pasta gigi, dan pembersih kewanitaan. Penelitian telah membuktikan bahwa SLS dapat merusak sistem kekebalan tubuh, terutama dikulit.

Isopropyl alkohol : Banyak ditemukan dalam produk sampo, pewarna rambut, lotion, pelembab, tisu disinfectan, dan sanitizer tangan. Ketika terserap oleh kulit atau terhirup, isopropyl akan mengganggu sistem saraf. Bahan ini umumnya digunakan dalam produk cat, tiner, dan lak.

Mineral oil : Bahan ini umumnya digunakan untuk campuran membuat plastik. Kulit kita mempunyai sistem kekebalan alami. Kemampuan kulit kita untuk menyerap kelembaban akan terhambat oleh lapisan plastik. Bahan ini sering ditemukan pada produk baby oil, conditioner, dan lotion.

Fragrance Buatan : Terdiri dari hampir 4000 bahan yang terpisah. Aroma buatan pada umumnya digunakan dalam produk sampo, deodoran, dankosmetik wajah. Hasil pengujian dari bahan ini bisa menyebabkan alergi kulit,  pusing, batuk, depresi, dan mudah marah. Kontradiksi yang paling berbahaya adalah menyebabkan kanker.

Propylene glycol : Adalah pelarut dan komponen aktif dalam anti beku. Bahan ini digunakan dalam produk makeup, pasta gigi, deodoran, obat kumur, lotion, dan produk perawatan rambut. Bahan ini dapat meresap dan menembus kulit sehingga merusak hati dan ginjal.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments