Karagenan bahan natural yang mengganggu kesehatan


Karagen berasal dari rumput laut merah, digunakan sebagai zat aditif pada makanan terutama sebagai pengental berbagai makanan dan minuman. Dilihat dipermukaan tampak tidak berbahaya, tetapi setelah dikaitkan dengan berbagai masalah berbagai radang di tubuh,

Bahan yang ditemukan pada campuran kopi susu, jelly, bubur instan, dll barulah disadari bahwa karagenan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Variasi rumput laut telah digunakan dalam produksi pangan dalam beberapa tahun terakhir untuk membentuk tekstur seperti gel. Namun teknologi modern telah merubah karagenan menjadi variasi yang sering digunakan untuk campuran bahan makanan dan minuman.

Produk makanan dan minuman yang menggunakan karagenan antara lain: susu, (es krim, yogurt, coklat), alternatif susu (susu kedelai, susu rami, susu almond),minuman nutrisi, makanan/minuman kaleng.

Masalah yang terjadi dari efek karagenan adalah radang, kelihatanya sepele. Tapi jika setiap hari anda mengkonsumsinya, bisa berakibat serius dengan kesehatan anda. Masalah utama dari karagenanan adalah pada struktur kimia, yang bila dikonsumsi akan memicu respon autoimun dalam tubuh.

Bagi mereka yang tidak menyadari respon autoimun adalah ketika sistem kekebalan tubuh melemah. Ciri ciri dari respon autoimun diantaranya: pencernaan tidak lancar, mulut kering, perut sering kembung.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments