10 Tips Untuk Vagina Sehat

10 Tips untuk vagina sehat: kesehatan vagina sangat penting untuk seorang wanita, vagina yang sehat mencerminkan seorang wanita itu sendiri. Jadi, sangat penting bagi semua wanita untuk menjaga kesehatan kewanitaanya.
10 Tips Untuk Vagina Sehat

Tips ini akan memberikan cara untuk melindungi daerah kewanitaan anda dari infeksi jamur dan bau vagina. Berikut ini tipsnya:

1.] Jangan menggunakan sabun
Terkadang, bau vagina anda sangat tajam, dan ini akan membuat anda malu, tetapi jangan membersihkan daerah kewanitaan anda dengan sabun atau cairan pembersih vagina lainya. Vagina anda dapat bersih dengan sendirinya, karena sistem tubuh mempunyai kemampuan untuk membersihkan dengan otomatis. Saat menstruasi gunnakan air untuk membersihkanya.

2.] Hindari spray pewangi
Anda mungkin berpikir bahwa menggunakan semprotan pewangi pada daerah kewanitaan anda, akan menghilangkan bau tak sedap dan memberikan aroma wangi, tapi hal ini bisa merusak tingkat PH vagina anda dan menyebabkan iritasi dan masalah lainya.

3.] Jaga kebersihan saat menstruasi
Untuk vagina yang sehat, sangat penting untuk menjaga kebersihan selama menstruasi. Jangan menggunakan pembalut terlalu lama untuk menyerap darah kotor karena hal ini akan menyebabkan tumbuh dan berkembangbiaknya bakteri yang menyebabkan iritasi.

4.] Gunakan celana dalam yang kering
Gunakan celana dalam dari bahan katun karena bahan ini capat kering dan memudahkan sirkulasi udara, dan ini berarti membantu mencegah infeksi jamur.

5.] Kenakan pakaian longgar
Mengenakan pakaian ketat seperti celana skiny biasanya akan menyebabkan kelembaban dan dapat menyebabkan infeksi jamur. Maka dari itu sangat penting untuk menggunakan pakaian longgar.

6.] Potong rambut kemaluan
Memotong rambut kemaluan secara teratur adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan vagina anda. Rambut yang berlebihan disekitar vagina dapat menyebabkan lingkungan yang lembab sehingga bakteri akan berkembang dan menyebabkan infeksi.

7.] Latihan senam kegel
Dengan latihan kegel akan membantu memperkuat otot-otot pada pinggul anda dan membantu meningkatkan kualitas hubungan suami-istri. Jika anda sedang buang air kecil, cobalah menghentikan ditengah jalan urin, tahan beberapa detik lalu lepaskan semua, cara ini dapat membantu mengencangkan otot-otot kewanitaan anda.

8.] Minum air putih yang banyak
Cara terbaik untuk menjaga agar vagina tetap sehat adalah dengan banyak minum air putih. Air membantu membuang bakteri dalam tubuh dalam bentuk urine.

9.] Periksa kewanitaan anda secara berkala
Jika anda melihat bau vagina yang tidak biasanya, gatal berlebih, serta warna kewanitaan anda yang berbeda, segera periksakan ke dokter untuk mencegah hal yang lebih buruk.

10.] Lakukan tes pap smear secara berkala
Mencegah tetap lebih baik daripada mengobati. Cara terbaik untuk mencegah kanker serviks adalah dengan melakukan tes pap smear, setidaknya sekali dalam setahun atau seperti yang disarankan dokter.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments