5 Makanan Penurun Gula Darah


5 Makanan penurun gula darah - Penderita diabetes harus mengetahui makanan apa yang tidak boleh dimakan agar tingkat gula darah menjadi stabil. Tetapi, kebutuhan untuk konsumsi makanan yang sehat sangat penting untuk kesehatan tubuh kita, karena makanan yang sehat berfungsi untuk mendukung pankreas agar bekerja dengan baik untuk memenuhi kebutuhan insulin dalam jangka panjang, mengkonsumsi produk organik dapat menghindari pestisida dan GMO. Berikut ini daftar makanan super sehat yang dapat membantu menurunkan tingkat gula darah bagi penderita diabetes.

1. Kacang
Kacang (termasuk kedelai, dan buncis) sangat rendah lemak dan tinggi serat yang dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Kacang adalah sumber protein yang sehat dan alternatif yang baik untuk menggantikan sumber protein hewani seperti daging merah, susu, dan keju yang memiliki kadar lemak jenuh tinggi.

2. Oatmeal
Penelitian telah menunjukan bahwa makan bijian berserat tinggi dapat mengurangi resiko diabetes antara 35-42%. Oatmeal yang kaya akan serat akan larut dan memperlambat penyerapan glukosa dari makanan di dalam perut. Fungsi lain dari oatmeal adalah mencegah sembelit, menurunkan kolesterol.

3. Almond
Almond kaya akan protein dan serat serta rendah karbohidrat. Kandungan lemak tak jenuh dan magnesium diyakini berperan penting dalam sistem metabolisme. Almond mampu menyetabilkan gula darah bagi penderita diabetes.

4. Salmon
Omega-3 asam lemak dari bahan makanan ini dapat mengontrol kadar gula darah dan mengurangi resiko penyakit jantung serta penyakit kardiovaskuler.

5. Alpukat
Alpukat dikenal luas sebagai makanan super dan tinggi lemak tak jenuh. Para peneliti telah menemukan bahwa lemak tak jenuh dan rendah karbohidrat dapat meningkatkan sensifitas insulin. Lemak tak jenuh juga meningkatkan kesehatan jantung, manfaat utama bagi penderita diabetes adalah untuk mengontrol kesehatan jantung dan stroke akibat tingginya kadar gula darah

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments