7 Manfaat Telur Untuk Kesehatan

Telur sering di gunakan untuk sarapan pagi karena manfaatnya yang kaya akan gizi dan sangat mudah dan
cepat dalam proses pengolahanya, tidak terlalu banyak membutuhkan bumbu tambahan, sehingga menjadi banyak pilihan utama bagi keluarga. Dari hanya untuk direbus saja atau digoreng denngan tambahan sedikit garam untuk menambah rasa yang lezat. Artikel berikut ini menjelaskan beberapa manfaat luar biasa yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi sebiji telur.

1. Nutrisi untuk kesehatan otak
Telur adalah sumber yang kaya akan kolin yang bertindak sebagai neurotransmiter untuk meningkatkan kesehatan kognitif, dengan zat ini telur mampu untuk menjaga kesehatan otak. Selain itu kuning telur juga kaya akan folat yang mampu untuk menjaga sel-sel saraf, sehingga mendorong otak untuk berfungsi dengan baik. Vitamin B12 yang banyak ditemukan dalam telur berfungsi untuk memproduksi selubung myelin sehingga otak terlindungi dari kerusakan di tabung saraf.

2. Menjaga berat badan
Telur kaya akan protein yang bisa dimanfaatkan untuk kekuatan otot dan menjaga berat badan. Konsumsi telur membantu untuk menghandari makan yang berlebihan, dengan demikian anda dapat mempertahankan berat badan.

3. Meningkatkan kesehatan rambut dan kuku
Telur mengandung zat asam animo kaya sulfur yang tidak hanya meningkatkan kesehatan kuku dan membuat rambut anda menjadi lebih indah dan berkilau.

4. Nutrisi untuk penglihatan
Telur mengandung zat Lutein dan zeaxanthin. Kedua zat tersebut adalah karotenoid yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata anda. Menjaga dari penyakit katarak, rabun akibat faktor usia, dan ancaman ultra-violet.

5. Membuat tulang lebih kuat
Telur merupakan sumber yang kaya akan vitamin D yang dibutuhkan tulang untuk asimilasi kalsium dalam tubuh. Selain itu, kehadiran kalsium dan fosfor mampu untuk menunda osteoporosis dan bermanfaat untuk soliditas tulang.

6. Mengurangi resiko kanker payudara
Menurut beberapa penelitian, konsumsi telur selama enam minggu bisa mengurangi bahaya dari kanker payudara.

7. Mudah dicerna
Telur sangat mudah di cerna oleh sistem pencernaan kita, karena bahan dari telur bersifat cair. Telur juga mampu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments