Cara Regenerasi Sel Otak

Seiring berjalan waktu dan bertambahnya usia kita, sel otak akan semakin melemah. Seperti organ tubuh lainya dalam tubuh kita yang semakin melemah karena termakan usia, ini adalah hal yang alami bagi kita semua.

Kita butuh makanan tertentu untuk sistem regenerasi otak kita. Salah satu tanaman herbal yang mampu untuk meregenerasi otak kita adalah kunyit. Selama in para peneliti telah menemukan kandungan anti inflamasi dalam kunyit untuk melawan kanker.

Para peneliti menemukan fakta baru yang dipublikasikan dalam jurnal System Cell Research & Therapy, ternyata senyawa bioaktif mampu untuk mempromosikan proliferasi dan diferensiasi sel di otak. Hasilnya menunjukan turmeron aromatik berpotensi untuk mengobati gangguan saraf seperti stroke dan penyakit alzheimer. Berita ini sangat menggembirakan untuk pengobatan dimasa yang akan datang.

Penelitian ini mengamati efek aromatik turmeron pada endogen sel induk netral (NSC) yang merupakan sel induk yang ditemukan dalam otak orang dewasa. NSC berdiferensiasi menjadi neuron dan memainkan peranan penting dalam perbaikan diri dan pemulihan sel otak pada penyakit neurodegenerative. Peneletian sebelumnya dari ar-turmeron telah menunjukan bahwa senyawa tersebut mampu memblokir aktivitas sel mikroglia yang merupakan bagaian dari pertahanan sistem saraf pusat kekebalan tubuh.

Para peneliti dari Institut of Neuroscience dan Kedokteran di Julich, Jerman, mempelajari efek dari ar-turmeron di NSC proliferasi dan difernsiasi baik di vitro dan di vivo. Pada konsentrasi tertentu, ar-turmeron terbukti meningkatkan proliferasi NSC hingga 80% tanpa dampak kematian pada sel otak. Proses diferensiasi sel juga dipercepat dalam sel ar-turmeron sehingga regenerasi untuk sel otak lebih optimal.

Hasil studi ini menunjukan bahwa manfaat anti inflamasi pada kandungan  kunyit meluas sampai ke otak dan sistem saraf yang bisa membuatnya ideal untuk sistem kesehatan tubuh.

0 komentar: