Efek Samping Smartphone Bagi Kesehatan


Efek Samping Smartphone Bagi Kesehatan
Efek Samping Smartphone Bagi Kesehatan
Smartphone mempunyai efek samping yang berbahaya bagi kesehatan anda. Anda harus tahu konsekuensi dari penggunaanya, sehingga anda bisa dengan bijak menggunakanya. Satu dari
lima orang di dunia ini memiliki smartphone, tapi kebanyakan mereka tidak tahu masalah serius dampak dari penggunaan gadget ini.

Berikut ini beberapa masalah serius yang berakibat buruk bagi kesehatan anda.

1. Text claw
Text claw adalah istilah non medis yang digunakan untuk menggambarkan semua kram jari dan nyeri otot yang berasal karena menggulir terus menerus dari SMS, game, browsing, dan lain-lain. Sebuah masalah umum menggunakan ponesl secara terus menerus akan mengakibatkan  peradangan pada tendon dan meningkatkan kondisi tendinitis dan kesemutan.

2. Peradangan pada leher
Membungkuk menatap smartphone anda selama berjam-jam pada satu waktu bisa merusak leher dan otot punggung. MMenurut sebuah studi yang dilakukan di Inggris, 84% dari mereka mengalami sakit punggung akibat membungkuk menatap smartphone mereka. Tablet dan komputer memperbaiki posisi anda, dalam istilah kesehatan disebut "ergonomis". Membatasi penggunaan smartphone bisa mengurangi ketegangan otot leher.

3. Vision syndrome
Membaca tulisan yang mempunyai ukuran font kecil dapat menyebabkan kelelahan pada mata anda, penglihatan kabur, pusing, dan mata kering. Jika anda mengalami ketidaknyamanan dengan masalah ini, anda bisa merubah ukuran font menjadi lebih besar.

4. Nomophobia
Ini adalah singkatan dari "No Mobile Phone phobia". Menurut sebuah studi dari seribu orang di Inggris, 66% dari populasi ketakutan kehilangan phonsel. Beberapa gejala monophobia lainya adalah kecemasan dan gejala fisik negatif.

5. Syndrome getaran
Seorang profesor di Indiana University menemukan bahwa 89% dari mahasiswanya mengalami getaran hantu ketika ponesl mereka tidak benar-benar bergetar. Studi ini juga menemukan bahwa siswa yang bergantung pada pesan teks dan update di media sosial lebih cemas ketika phonsel mereka sedang tidak bergetar. Cara terbaik untuk memecahkan masalah ini adalah dengan mematikan fungsi getar dari phonsel tersebut. Tetapi jika anda ingin menjaga ponsel tetap bergetar ketika mendapapatkan pesan teks atau yang lainya, cobalah letakan ponsel dalam tas anda.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments