Kiat Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Melahirkan

Kiat Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Melahirkan
Kiat Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Melahirkan
Kiat menghilangkan rasa sakit setelah melahirkan: rasa sakit setelah melahirkan masih akan terasa selama beberapa hari. Karena luka tidak akan langsung sembuh, ada bekas jahitan dari bedah cesar ataupun melahirkan normal.

Tidak sedikit ibu yang berani bergerak, karena khawatir bila jahitan akan terurai dan luka akan kembali terbuka, bahkan ada yang tidak berani mengejan saat buang air besar. Semua kecemasan itu tidak perlu terjadi, rasa sakit setelah melahirkan itu wajar. Hanya saja, proses pemulihan rasa sakit setelah melahirkan dengan metode cesar jauh lebih lama dibandingkan dengan melahirkan secara normal. Tapi itu bukan alasan seorang ibu harus bedrest atau meninggalkan semua aktivitas sama sekali setelah melahirkan.

Bergeraklah, ini merupakan langkah yang tepat dan mudah untuk pulih dan menghilangkan nyeri usai melahirkan. Ibu yang baru melahirkan dalam jeda waktu 2- 6 jam harus sudah melakukan gerakan kecil dan bersifat lembut. Misalnya, turun dari tempat tidur, lakukan pelan-pelan saja, terutama untuk baru yang operasi cesar, niscaya dalam 2 -3 hari sudah boleh pulang. Namun jika anda takut atau malas bergerak, rasa nyeri itu akan bertambah lama, pasalnya ibu yang kurang pergerakan usai melahirkan maka akan memperlambat penyembuhan. Jadi resep mujarab untuk menghilangkan rasa sakit yaitu dengan bergerak, tapi ingat, bukan gerakan yang mendadak dan cepat.

Menyusui dan menggendong bayi boleh-boleh saja, bahkan wajib hukumnya, asalkan tidak mengangkat beban berat. Berikut ini tips menghilangkan rasa sakit setelah melahirkan :

Menyuntikan obat melalui pembuluh darah atau minum obat, namun efeknya ibu dan bayi akan mengantuk.
Bius lokal, ini dilakukan pada saat penjahitan untuk menghilangkan rasa sakit.

Bius total diberikan pada saat tertentu dan biasanya diakhiri operasi.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments