Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan

Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan
Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan
Jalan kaki adalah olahraga yang paling mudah dan paling murah tapi mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kesehatan kita. Olah raga ini cocok untuk segala usia. Berikut ini beberapa manfaat olahraga jalan kaki untuk kesehatan.

1.] Jalan kaki memperkuat jantung anda
Olahraga dengan berjalan kaki telah terbukti mampu mengurangi penyakit jantung dan stroke, menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat dalam darah) sekaligus meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan menjaga tekanan darah. "Apapun yang meningkatkan detak jantung anda dan untuk memompa darah agar stabil adalah latihan bagi jantung dan sistem peredaran darah, jalan kaki adalah olahraga yang tepat" kata dokter ahli jantung dan pembuluh darah. Menurut Asosiasi stroke, berjalan cepat selama 30 menit dapat membantu mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan stroke.

2.] Jalan kaki mengurangi resiko penyakit
Kebiasaan untuk berjalan kaki dapat memangkas resiko terkena diabetes tipe-2, asma, dan beberapa jenis kanker. Sebuah studi di British Medical Journal menunjukan bahwa berjalan kaki setiap hari dapat menangkal diabetes. Orang-orang yang aktif berjalan kaki memiliki resiko 20% lebih rendah terkena kanker usus besar, payudara, dan rahim dibandingkan mereka yang kurang aktif untuk berjalan kaki.

3.] Jalan kaki menurunkan berat badan
Untuk menurunkan berat badan, anda harus membakar sekitar 600 kalori setiap hari dari apa yang anda makan. Orang yang mempunyai berat badan 60 kg bisa membakar 75 kalori hanya dengan berjalan kaki sekitar 30 menit.

4.] Jalan kaki mencegah demensia
Kita tahu, olahraga yang aktif memiliki efek perlindungan pada fungsi otak dan olahraga teratur mengurangi resiko demensia hingga 40%. Dan untuk usia lanjut, berjalan 6 mil atau lebij per minggu dapat menghindari penyusutan otak yang menyebabkan kepikunan.

5.] Jalan kaki mencegah osteoporosis
Berjalan bisa juga disebut sebagai kegiatan kegiatan menahan beban. Hal ini akan merangsang dan memperkuat tulang, meningkatkan kepadatan tulang terutama bagi perempuan. Jalan kaki juga membantu menjaga sendi yang sehat sehingga dapat mencegah kondis buruk seperti arthritis.

6.] Jalan kaki Meningkatkan kadar vitamin D
Jika anda berjalan di antara jam 9 pagi berarti anda telah menambah cadangan vitamin D untuk tulang anda, suatu nutrisi penting yang sulit didapatkan dari makanan.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments