Manfaat Jamur Untuk Kesehatan


Jamur reishi juga disebut jamur lingzhi, salah satu spesies dari jamur obat yang berbentuk seperti ginjal dan tekstur yang rumit. Di Cina, praktisi pengobatan telah meresepkan jamur reishi untuk

mengobati sejumlah penyakit seperti tekanan darah tinggi dan kondisi kelelahan. Berikut ini beberapa manfaat jamur reishi untuk kesehatan:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kanker
Jamur reishi kaya akan beta-glukan dan hetero-beta-glukan, zat yang mengandung polisakarida biologis aktif yang ditemukan di dinding sel tumbuhan dan jamur tertentu. Banyak penelitian seperti studi Lithuania yang diterbitkan dalam jurnal Medicina pada tahun 2007 bahwa zat ini mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan meningkatkan makrofag dan mengaktifkan fungsi sel pembunuh alami. Dalam hal ini para peneliti menyimpulkan bahwa jamur reishi mampu untuk mencegah kanker.

2. Memperlambat proses penuaan
Jamur reishi mengandung antioksidan penting seperti asam ganoderic yang mampu menghambat oksidasi dengan cara menetralisir radikal bebas. Meskipun aktivitas radikal bebas berhubungan dengan penyakit degeneratif seperti kanker dan alzheimer, juga mempercepat penuaan.

3. Mengobati kondisi kardiovaskular
Menurut Phylis bach, penulis buku "Prescription for nutritional healing", jamur reishi telah digunakan untuk mengobati kondisi kardiovaskular (termasuk kondisi serius seperti serangan jantung) selama berabad-abad di Cina. Salah satu kenggulan jamur reishi adalah kemampuan untuk mengobati diabetes.

4. Kaya nutrisi
Jamur reishi juga kaya nutrisi penting untuk kesehatan seperti serat, asam animo, protein, steroid, triterpen, lipid, alkaloid, vitamin B2, dan asam askorbat. Seperti jamur untuk obat, jamur reishi juga merupakan sumber yang baik dari tembaga, jejak mineral dengan sifat antioksidan dan enzim pendukung. Jamur reishi sangat sulit dicerna oleh perut, meskipun sudah dimasak, jadi sebaiknya ekstrak dulu jamur ini sebelum mengkonsumsinya.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments