Manfaat kunyit untuk kesehatan

Manfaat kunyit untuk kesehatan: kunyit merupakan salah satu tanaman yang banyak diteliti oleh ahli kesehatan untuk diambil manfaat penting kandunganya. Sifat kunyit yang mengandung zat (curcuma) telah menjadi subyek lebih dari 5600 penelitian biomedis yang diterbitkan.


Bahkan, selama lima tahun proyek penelitian untuk tanaman ini telah berhasil diungkapkan lebih dari 600 manfaat untuk pencegahan penyakit dan terapi kesehatan, serta 175 efek fisiologis menguntungkan. Berikut ini beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan bagi tubuh anda.

Penurun kolesterol
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2008 yang diterbitkan dalam jurnal Drug in R&D menemukan bahwa persiapan standar kurkuminoid dari kunyit lebih baik dibandingkan dengan atorvastatin (suatu obat kimia) pada disfungsi endotel, patologi yang mendasari pembuluh darah yang mendorong aterosklerosis (penyebab peradangan, stress pada penderita diabetes).

Obat steroid
Sebuah studi pada tahun 1999 yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research menemukan bahwa polifenol utama dalam kunyit dapat mengobati penyakit mata. Sebuah studi lain pada tahun 2008 yang diterbitkan dalam Critical Care Medicine menemukan bahwa curcumin lebih baik dibandingkan dengan deksametason obat kortikosteroid untuk melindungi paru-paru dari ancaman berbagai penyakit.

Anti depresi
Sebuah studi pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Acta Poloniae menemukan bahwa curcumin bisa diandalkan untuk menurunkan tingkat depresi.

Anti inflamatory untuk kanker
Sebuah studi pada tahun 2004 yang diterbitkan dalam jurnal Onkogen menemukan bahwa curcuma adalah alternativf yang efektif untuk obat aspirin, ibuprofin, sulindac, fenilbutazon, naproxen, indometasin, diklofenak, deksametason, celecoxib, dan tamoxifen dalam mengerahkan anti inflamasi terhadap kanker.

Diabetes
Sebuah studi pada tahun 2009 yang diterbitkan dalam jurnal Biochemitry dan Biofisik mengekplorasi bagaimana curcumin mampu mengobati penyakit diabetes. Curcumin mampu untuk menyerap glukosa dan menekan ekspresi gen gluconeogenic (produksi gula dalam hati).

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments