Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Teh hijau tidak akan teroksidasi saat pengolahanya, sehingga bahan kimia alami dari tunas dan daun tetap terjaga saat pengolahan. Bahan kimia alami dari teh hijau ini sangat besar manfaatnya untuk kesehatan anda. Berikut ini beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan yang sangat berguna untuk kesehatananda.


Anti penuaan
Bukan hanya faktor usia, banyak sekali faktor yang mempengaruhi kulit anda mengalami penuaan dini, diantaranya radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel kulit anda. Radikal bebas memang terjadi selama alami, tetapi populasi mereka meningkat karena paparan polusi. Bahan kimia alami yang mampu mencegah penuaan adalah SOD (superoxide dismutase). Zat ini mampu menangkal radikal bebas sehingga sel-sel kulit akan terlindungi dari kerusakan. Bahan kimia alami lainya yang terkandung dalam teh hijau untuk melawan penuaan adalah  catechin.

Anti bakteri
Secangkir teh hijau mengandung sampai 200mg katekin yang dikenal sebagai antioksidan, namun studi ilmiah lain dari Birmingham dan Womens Hospital di Boston menunjukan bahwa teh hijau mempunyai kemampuan untuk menangkis bakteri berbahaya dalam tubuh. Hasil studi menunjukan bahws katekin dalam teh hijau mampu menghambat produksi enzim kunci yang dibutuhkan bakteri untuk berkembang biak.

Penurun kolesterol
Beberapa penelitian menunjukan bahwa katekin dalam teh hijau dapat bertindak sebagai apa yang disebut hypolipidemics atau penurun kolesterol jahat dalam darah (LDL), sekaligus meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Selain itu bahan kimia dalam kandungan teh yang disebut flavonol membantu mengurangi pengerasan pembuluh darah. Dalam hal ini, teh hijau mampu mengurangi resiko penyakit jantung.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments