Nutrisi Untuk Kecantikan Kulit

Musim kemarau panjang yang membakar, anda membutuhkan nutrisi untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Ada beberapa cara untuk melakukanya, yaitu cara tradisional dan cara modern.

Untuk cara modern pernah dibahas di posting sebelumnya, tapi anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan cara tradisional untuk melindungi kulit anda dari sengatan matahari adalah dengan lotion. Tapi, apakah anda tahu bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang tepat dapat melindungi kulit anda.? Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, anda bukan cuma mempertahankan kecantikan kulit, tapi juga mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker pada kulit anda, mencegah kulit dari kekeringan, dan membantu untuk mencegah penuaan dini.

Mendukung produksi kolagen
Sinar matahari dibutuhkan untuk vitamin D di pagi hari, tetapi setelah pukul 11 siang anda harus berhati-hati dengan sinar Ultra Violet, terlalu banyak sinar UV bisa berdampak buruk untuk kesehatan kulit anda. Salah satu bahaya kelebihan sinar UV adalah mempercepat pemecahan kolagen. Kolagen adalah protein alami yang diproduksi oleh tubuh. Kolagen menanamkan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Ketika produksi kolagen melambat dengan penuaan alami, ini adalah saat kulit anda kehilangan tekstur dan elastisitas. Ketika kulit anda terlalu banyak mendapatkan sinar UV, hal ini juga akan semakin menambah percepatan penuaan yang diakibatkan pecahnya kolagen.

Nutrisi yang membantu untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit anda
Ada sejumlah makanan alami yang membantu untuk mempromosikan pembuatan kolagen. Makanan tertentu dapat mengelola kolagen karena mengandung nutrisi yang tepat yang meliputi:

  • Hyaluronic asam
  • Lycopene
  • Lutein
  • Omega-3
  • Belerang
  • Vitamin A
  • Vitamin C

Mari kita bahas nutrisi diatas bagaimana cara mereka secara individu dan kolektif membantu untuk mempromosikan kolgen dan darimana kita mendapatkanya

Hyaluronic
Asam hyaluronic adalah suatu jenis karbohidrat yang membantu untuk melumasi dan memfasilitasi kemudahan pergerakan sendi-sendi dan otot. Saat anda kekurangan zat asam ini maka akan mengarah pada elastisitas kulit anda, akibatnya kulit anda mulai mengendur dan keriput mulai tampak. Anda bisa mendapatkan hyaluronic dari kacang kacangan dan polong polongan.

Lycopene
Lycopene adalah karotenoid yang memberikan warna merah pada buah, prapika merah, dan tomat merah. Zat ini juga merupakan antioksidan kuat yang memfasilitasi produksi kolagen. Selai dari makanan yang telah disebutkan diatas, jeruk merah, jambu biji, pepaya, dan semangka kaya akan lycopene yang bermanfaat untuk kulit anda.

Lutein
Lutein juga karatenoid yang mampu menyerap radikal bebas dalam tubuh. Lutein terkandung dalam sayur sayuran hijau, dan buah yang kaya akan lutein adalah wortel, mangga, labu, ubi jalar, dan tomat.

Omega-3
Kebanyakan orang yang sering membaca artikel kesehatan pasti sudah tahu manfaat besar dari omega-3. Asam omega-3 berperan besar dalam mengurangi peradangan tubuh, membantu untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Makanan yang mengandung omega-3 adalah brokoli, kubis, kembang kol, biji chia, kuning telur, minyak ikan, kankung, salmon, sarden, dan bayam.

Belerang
Sulfur adalah mineral penting yang memainkan peranan untuk memproduksi kolagen. Sulfur membantu untuk mengelupas sel kulit mati, membantu membersihkan kulit anda, dan memperkecil ukuran pori pori, sehingga membantu untuk memerangi kerusakan kulit. Anda bisa mendapatkan sumber sulfur dari kubis, kol, bawang putih, daging ayam, kuning telur, ikan, dan daging.

Vitamin A
Tubuh anda memproduksi vitamin A dari beta-karoten, yang merupakan pigmen yang terkandung dalam buah merah dan sayuran. Ini adalah antioksidan yang membantu memerangi radikal bebas dan kerusakan yang ditimbulkanya. Sumber makanan yang baik dari vitamin A adalah aprikot, brokoli, wortel, ceri, mangga, bayam, ubi jalar, dan semangka.

Vitamin C
Vitamin C juga merupakan antioksidan yang sangat kuat. Ada berbagai macam buah dan sayuran yang semuanya kaya akan vitamin C antara lain paprika, brokoli, lemon, jeruk, jambu biji, pepaya, dan strobery.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments