Manfaat kopi untuk kesehatan


Manfaat kopi untuk kesehatan. Kopi adalah minuman favorit hampir diseluruh dunia ini, akan tetapi minuman ini sudah mendapatkan reputasi buruk dibeberapa kalangan. dengan alasan kekhawatiran akan masalah yang akan ditimbulkan seperti kelelahan adrenal dan mitos tentang terhambatnya pertumbuhan. Tetapi kenyataanya adalah bahwa kopi mempunyai manfaat penting bagi kesehatan. Perbedaan studi yang melaporkan antara manfaat kopi dan efek samping kopi adalah kualitas kopi.

Aturan umum untuk mendapatkan manfaat kopi untuk kesehatan adalah bahwa biji kopi yang berkualitas tinggi lebih baik dari kopi instant. Kopi yang terbuat dari biji bersih dan berkualitas dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

1. Perlindungan terhadap kanker
Sebuah study dalam jurnal Gastroenterology menemukan bahwa konsumsi dua gelas kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan sebesar 43% resiko kanker hati dengan pengurangan lebih tinggi untuk laki-lai 62%. Selain menurunkan resiko kanker hati, manfaat kopi juga menurunkan resiko kanker prostat sebesar 59%, menurunkan kanker payudara sebesar 29% secara keseluruhan. Secara umum, resiko reseptor estrogen kanker turun sebesar 59% dan kanker pasca menopause sebesar 37%.

2. Mengurangi resiko Alzheimer
Kopi bahkan mampu untuk mengurangi penyebab alzheimer, penelitian oleh University of Illionois menemukan kafein dapat memblokir peradangan berbasis otak yang terlibat dalam banyak penyakit neurodegenerative seperti penyakit alzheimer.

3. Mengurangi penyakit kematian kardiovaskuler
Manfaat lain dari kopi adalah mencegah kematian mendadak. Sebuah meta analisis yang melibatkan 997.464 orang menemukan bahwa minum empat cangkir kopi setiap hari  mampu mengurangi tingkat semua penyebab kematian sebesar 16%, sementara tiga cangkir minum kopi menurunkan angka kematian penyakit kardiovaskuler sebesar 21%.

4. Menyehatkan hati
Selama ini kopi lebih dikenal sebagai bentuk detoksifikasi. Sebuah studi dari 27.793 orang menemukan bahwa setidaknya tiga cangkir kopi setiap haridikaitkan dengan penurunan enzim hati abnormal. Efek ini lebih kuat dengan kopi tanta kafein pada ALT enzim dengan penurunan sebesar 66%. Selain itu, minum dua cangkir kopi perhari mampu mengurangi kematian akibat sirosis sebesar 66%.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments