Mengobati Gatal Karena Racun Ulat


Mengobati gatal karena racun ulat. Ulat adalah bentuk remaja dari kupu-kupu. Rambut atau serat mereka sebagai bentuk perlindungan yang sering mengandung racun. Meskipun ulat tidak mempunyai alat penyengat, tetapi mempunyai kemampuan untuk memberikan racun melalui rambut atau serat disekitar tubuhnya yang akan mengakibatkan rasa sakit atau gatal-gatal kemerahan pada kulit manusia, dalam dunia medis gejala atau penyakit ini dinamakan Caterpillar sting. Untungnya, sebagian besar sengatan dari racun ulat ini tidak berakibat serius. Artikel berikut ini adalah cara mengobati penyakit cartepillar sting atau gatal karena racun ulat.

1. Setelah anda disengat ulat, hal pertama yang harus dilakukan adalah menenangkan diri, hal ini akan membuat segalanya menjadi lebih mudah. Racun akan bergerak melambat jika anda tidak terlalu banyak bergerak.

2. Jangan menggaruk bagian kulit yang terkena sengatan racun ulat, hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit lebih parah. Jika rasa gatal yang luar biasa, mintalah petunjuk pada dokter.

3. Gunakan isolatip, scoth tape, atau lakban ditempat kulit tersengat. Selain mencegah racun menyebar, hal ini juga akan membuat bulu-bulu yang mengandung racun yang menempel dikulit akan terangkat.

4. Cuci bagian kulit yang tersengat dengan air hangat untuk membersihkan bulu-bulu dan racun yang tersisa, anda bisa menambahkan sedikit garam dapur dalam air hangat tersebut.

5. Setelah kulit dicuci dengan air hangat, 5 menit kemudian kompres dengan es selama kurang lebih 15-20 menit. Jika racun yang menyengat berdosis rendah, anda cukup sekali melakukan pengompresan. Tapi jika racun yang menyengat agak berat, lakukan satu jam sekali. Hal ini dapat membantu meringankan pembengkakan dan rasa sakit.

6. Jika anda memiliki reaksi alergi, gunakan obat alergi sesuai petunjuk. Obat-obatan yang dapat menyembuhkan sengatan lebah, biasanya dapat juga digunakan untuk mengobati sengatan ulat yang berbisa.

7. Gunakan obat pereda rasa sakit seperti Tylenol atau Panadol. Kedua obat ini bisa membantu untuk meredakan rasa sankit akibat pembengkakan, gunakan sesuai dengan petunjuk dalam paket.

8. Jika pembengkakan belum mereda, pergilah ke dokter untuk diperiksa. Perlu diingat, bahwa ulat yang menyengat kulit anda, memiliki ciri pada fitur warna, panjang, dan tekstur yang berbeda-beda. Ciri-ciri ini dapat membantu dokter untuk menemukan obat yang cocok untuk masalah anda.


Read Also:

Related Posts
Disqus Comments