Penyebab kerusakan otak

Kerusakan otak
Selain karena faktor usia, penyebab melemahnya atau kerusakan sel otak adalah kebiasaan buruk kita setiap hari. Dr Sandra Chapman, pendiri dan Direktur di Healthy Brain Center mengatakan bahwa otak kita adalah salah satu bagian yang paling dimodifikasi dari seluruh tubuh kita. Namun begitu kebiasaan kita setiap hari dapat mempengaruhi kinerja otak. Hal ini tidak hanya apa yang kita makan dapat merugikan kesehatan otak kita, tapi juga kebiasaan buruk yang menyebabnya melemahnya sel otak.

1. Melewatkan sarapan
Melewatkan sarapan untuk sebagian orang dianggap hal yang sepele. Kekurangan pasokan sumber nutrisi energi yaitu makanan akan mengakibatkan melemahnya dari sel-sel otak Bukan hanya itu, generasi sel-sel otak juga akan terganggu akibat kurangnya nutrisi untuk tubuh kita.

2. Terlalu banyak makan
Makan terlalu banyak juga akan menyebabkan penyimpangan pada kinerja sel otak. Ketika nutrisi terlalu banyak masuk kedalam tubuh, hal itu akan mengakibatkan tekanan darah dan menyebabkan kekakuan arteri dan gejala menurunya mental.

3. Merokok
Merokok sudah dikenal luas sesuatu yang merugikan kesehatan secara umum seperti jantung, kanker, gangguan janin, gagal ginjal, kerusakan sel otak, dan lain-lain. Zat kimia dalam rokok, khususnya nikotin diketahui secara permanen merusak sel-sel reseptor otak, menyusutkan volume otak dan akhirnya melemahkan.

4. Polusi udara
Polusi udara adalah salah satu faktor utama penyebab kerusakan sel penting dalam otak. Sebagai pusat oksigen, otak tidak bisa menerima udara yang kotor. Penurunan pasokan oksigen ke otak menyebabkan menurunya kapasitas mental otak.

5. Kurang tidur
Kekurangan tidur juga menjadi penyebab kerusakan otak. Tidur adalah salah satu waktu otak kita untuk beristirahat dan memulihkan stimulasi dari aktivitas sepanjang hari. Tidur dengan wajah tertutup kurang baik untuk kesehatan otak karena pasokan oksigen juga akan terhalang masuk kedalam tubuh.


0 komentar: