Tips diet yang benar

Diet apapun yang anda lakukan tidak akan optimal hasilnya jika polanya tidak sesuai dengan cara kerja tubuh kita sendiri. Salah satunya adalah jam biologis tubuh. Berat badan yang turun jika disertai kulit kusam, sakit kepala, mudah lelah, dan lain sebagainya, bukannlah hasil diet yang benar.
Tips diet yang benar
Tubuh memiliki jam biologis alami yang turut mengatur fungsi-fungsi penting organ tubuh termasuk denyut jantung, suhu tubuh, metabolisme, pencernaan, siklus bangun dan tidur serta tingkat energi. Jam ini bergerak dalam satu lingkaran atau siklus 24 jam yang dikenal sebagai irama sirkadian. Sirkadian sendiri dari bahasa latin yang berarti sekitar satu hari berpusat dari suprakiasmatik nukleus, sekelompok sel yang berada di hipotalamus, bagian otak yang juga mengendalikan nafsu makan.

Jam tubuh rentan terhadap perubahan drastis dalam kebiasaan sehari-hari. Mengubah waktu tidur dan bangun seperti shift malam atau perjalanan melintasi zona waktu akan melawan jam biologis tubuh dan mengacaukan keselarasan proses-proses biologis kita. Kurang tidur dimalam hari, menghindari makan, atau ngemil terus-menerus juga akan mengacaukan jam biologis tubuh yang dapat menyebabkan kegemukan, penumpukan lemak di hati, dan kadar kolesterol tinggi.

Untuk langsing dan segar sebenarnya hanya perlu melakukan langkah sederhana saja, yaitu selaras dengan jam biologis tubuh anda sendiri. Jadi pola makan harus sesuai dengan jam biologis tubuh. Dengan makan secara teratur, sesuai dengan jam biologis tubuh, dan gizi yang seimbang setiap kali makan, nafsu makan dan rasa lapar dapat dikendailikan dengan baik. Tidur anda juga akan lebih nyenyak, tidak bangun ditengah malam karena kelaparan, dan dipagi hari lebih energik. Salah satunya dengan cara diet sesuai jam biologis tubuh atau lebih populer dengan nama "the body clock diet". Diet ini hampir sama untuk semua orang, karena secara alamiah siklus biokimia irama sirkadian pada setiap orang juga hampir sama.

Makanan tepat pada jam yang tepat
Agar dapat berfungsi sebaik mungkin, tubuh membutuhkan pasokan energi dan nutrisi bergizi secara teratur dari makanan sehari-hari. Namun setiap jenis makanan memberikan reaksi kimiawi yang berbeda beda pada tubuh berdasarkan waktu makanya. Mengapa jam biologis tubuh mengarahkan kita untuk mencari makanan sumber energi dipagi hari, dan makanan yang sifatnya mengencangkan dimalam hari, itu erat hubunganya dengan aktivitas hormon-hormon yang aktif pada jam-jam tersebut. Berapa kali dalam sehari kita perlu makan juga ada hubunganya dengan hormon-hormon tersebut.

Makan pagi untuk energi
Makan pagi penting untuk mengembalikan energi, karena saat kita tidur sepanjang malam persediaan karbohidrat banyak terpakai untuk perbaikan dan pemulihan sel. Sebagai isyarat untuk mengisi kembali persediaan karbohidratnya, tubuh akan meningkatkan produksi kortisol dan neuropeptida, hormon dari kelenjar adrenal yang akan memicu hasrat kita akan karbohidrat (Sekitar pukul 6-8 pagi). Pilih karbohidrat kompleks dengan nilai index glikemik rendah seperti buah dan sayuran. Lanjutkan dengan protein sehat rendah lemak seperti yogurt, susu kedelai, tahu atau tempe.

Makan siang untuk alertness
Tempatkan lebih banyak protein pada siang hari karena protein memasok bahan-bahan alami yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan kortisol, adrenalin, dan zat lain dalam darah yang dibutuhkan untuk aktivitas dan alertness (kesiapan) dipagi hari dan siang hari. Ikan segar, daging ayam tanpa kulit, nasi merah dapat menjadi pilihan sehat di siang hari.

Makan malam untuk relaksasi
Kadar kortisol akan meningkat sekitar pukul 3-4 sore, sehingga nafsu makan akan bangkit lagi, penuhi makanan manis di sore hari dengan buah buahan yang manis. Buah sangat mudah dicerna sehingga pada malam hari perut anda sudah kosong untuk di isi kembali. Menu makan malam sebaiknya mengandung karbohidrat, hal ini dapat menjaga kadar gula darah yang dibutuhkan untuk aktivitas tubuh dimalam hari.

Contoh menu diet sesuai jam biologis tubuh
Makan pagi

  • 1 gelas jus jeruk.
  • 1 gelas yogurt dicampur 1 sendok madu.

Makan siang

  • Nasi ayam tanpa kulit.
  • Salad sayuran.

Makan malam

  • Nasi beras merah.
  • 1 gelas jus buah segar.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments