Tips Menghindari Stress

Tips menghindari stress. Berbagai penyakit berbahaya dapat disebabkan dari kondisi stress yang dialami seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, insomnia depresi, bahkan sakit jiwa. Tidak perlu jauh-jauh pergi berlibur ke Paris untuk menikmati menara Eifel atau ke psikiater demi mendapatkan hiburan dan menghindari stress.

Stress bisa hilang dengan cara terapi yang relatif lebih mudah dan murah, yaitu dengan tertawa. Jika kondisi psikis kita terganggu atau dalam medis biasa disebut stress, jangan dibiarkan berlarut-larut. Membiarkanya terjadi terus-menerus akan sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan kita, apalagi jika kondisi itu ditambah dengan komplikasi penyakit lainya. Melihat banyaknya resiko yang bisa ditimbulkan dari penyakit stress, tentu mulai saat ini anda harus benar-benar serius memperhatikan masalah ini.

Tertawa mampu menangkal stress
Bagi anda yang sulit tertawa cara untuk mengatasinya dengan menonton film komedi atau mendengar cerita-cerita lucu dari teman-teman anda yang bisa mengocok perut untuk tertawa. Tertawa memang terdengar ringan untuk diucapkan, tetapi justru sulit untuk dilakukan terutama bagi mereka yang tidak memiliki selera humor. Menurut ahli kesehatan, tertawa mempunyai nilai positif untuk kesehatan untuk tubuh kita, tertawa mampu untuk membuat relaksasi otot dan meredakan ketegangan otak. Tertawa sangat ampuh untuk mengobati stress, orang yang sering tertawa biasanya jarang mengalami stress.

Secara medis, tertawa memang mampu merelaksasi otot dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seorang ahli jantung mengatakan bahwa tertawa itu sama dengan latihan aerobik empat kali sehari, sama dengan jogging sebanyak sepuluh kali atau bersepeda selama sepuluh menit. Selain itu, tertawa juga mampu membuat sinar mata menjadi lebih bening, yang secara tidak langsung menjadikan wajah anda lebih ceria.

Gerakan badan untuk menghindari stress
Stress terkadang diakibatkan oleh suasana yang kurang cocok atau lingkungan kerja yang penuh dengan tekanan. Hal ini akan membuat anda menjadi lebih tertekan hingga stress. Cobalah berdiri dengan merentangkan kedua tangan anda dan gelengkan kepala anda kekanan dan kekiri, serta kedepan dan kebelakang dengan perlahan-lahan.

Merebah sejenak
Rebahkan tubuh anda meskipun sesaat. Diikuti dengan mengendurkan pergelangan kaki, lutut, paha, dan anggota tubuh lainya. Setelah itu beri tekanan pada otot muka anda dengan menggerakan mimik muka keatas dan kebawah serta kekanan dan kekiri.

Meditasi atau yoga
Tutup kedua mata anda, kemudian tarik nafas dalam-dalam. Bayangkan anda haus, lalu tiba-tiba ada segelas air es yang datang untuk menghilangkan rasa haus anda. Lakukan meditasi ini secara berulang-ulang, niscaya pikiran positif anda akan terbentuk dengan sendirinya.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments