Cara mengatasi kerusakan rambut

Cara mengatasi kerusakan rambut. Setiap rambut memiliki tiga lapisan, serat dalam disebut medulla, serat lapisan tengah disebut korteks, dan lapisan paling luar diseut kutikula yang berfungsi melindungi rambut dari kerusakan. Ketika kurtikula rambut mengalami kerusakan, maka rambut akan mengalami kekeringan dan kehilangan cahayanya. Tanda-tanda kerusakan lainya adalah rapuh, mudah rontok, bercabang, kusam, gatal dikulit kepala, dan kehilangan elastisitas.

Kerusakan rambut disebabkan berbagai macam penyebab termasuk mencuci rambut secara berlebihan, styling yang berlebihan, paparan sinar ultra violet, berenang di air yang mengandung chlorin, kurangnya kelembaban rambut, bahan kimia, dan stress. Penyebab lainya adalah kondisi medis tertentu seperti tiroid kurang aktif, masalah keturunan, gizi buruk, dan anoreksia.

Meskipun pemotongan dapat mengatasi masalah kerusakan rambut, anda juga dapat mencoba mengatasi kerusakan rambut dengan bahan alami yang aman dan efektif. Kerusakan pada rambut tidak bisa diperbaiki dalam waktu satu hari, anda harus melakukanya dengan penuh kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini adalah bahan alami untuk mengatasi kerusakan rambut.

1. Minyak Zaitun
Minyak zaitun sangat baik untuk rambut rusak. Bahan ini kaya akan asam lemak, beberapa antioksidan dan vitamin E. Minyak zaitun mampu memperbaiki kerusakan rambut dengan cara menyegel kurtikula dengan kelembaban.
Cara penggunaan: Oleskan minyak zaitun (hangat lebih baik) pada kulit kepala anda. Pijat dengan lembut selama beberapa menit kemudian tutup dengan handuk. Biarkan selama 30 menit atau semalaman. Lakukan metode ini satu minggu sekali.

2. Alpukat
Bahan ini kaya akan lemak, vitamin, protein, asam lemak esensial, dan minyak alami yang dapat membantu mengatasi rambut rusak. Bahan yang terkandung dalam alpukat mampu melembutkan rambut untuk tetap terhidrasi dan mencegah radikal bebas.
Cara pengunaan: Blender alpukat sampai lembut kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala anda selama sekitar satu jam, kemudian cuci rambut sampai bersih.

3, Kuning telur
Telur dapat memberikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala anda yang hilang. Kuning telur memiliki protein, mineral, asam lemak esensial yang dapat menyehatkan setiap helai rambut anda dan membuatnya lebih bercahaya. Enzim dalam telur membantu membersihkan rambut dan kulit kepala.
Cara penggunaan: Oleskan kuning telur di kulit kepala anda lalu pijat dengan lembut. Tutup dengan shower cup dan biarkan sekitar 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin atau shampo sampai bersih.

4. Lidah buaya
Lidah buaya sangat baik untuk mengatasi rambut rusak. Sifat humektan pada lidah buaya dapat menenangkan batang rambut. Lidah buaya kaya akan enzim, asam amino, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk rambut anda.
Cara penggunaan: Terapkan jus lidah buaya secara langsung pada rambut yang rusak. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

5. Madu
Madu sangat baik untuk mengatasi kerusakan rambut. Madu dapat menciptakan dan menjaga kelembaban pada rambut anda. Hal ini akan membuat rambut anda sehat dan lembut.
Cara penggunaan:Campur 1/4 cangkir madu asli dengan air, terapkan pada rambut dan kulit kepala anda selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments