Lemak jenuh merusak daya ingat

Lemak jenuh merusak daya ingat. Penelitian baru menunjukan bahwa lemak jenuh tidak hanya menyumbat arteri jantung, mereka juga dapat merusak daya ingat pada semua usia, termasuk usia muda. Menurut penelitian, pria muda dan setengah baya yang mengkonsumsi dalam jumlah besar mengalami kesulitan untuk mengingat kata-kata dalam studi penelitian test memori.


Studi ini menemukan bahwa laki-laki yang mengkonsumsi jumlah lemak jenuh yang tinggi dalam makanan mereka menderita sebanyak sepuluh persen penurunan daya ingat. Penulis dari studi ini Dr. Beatrice Golomb, pakar kesehatan di Universitas California, San Diego mengatakan "Semakin tinggi lemak jenuh yang dikonsumsi, semakin buruk kinerja otak".

Lemak jenuh adalah jenis lemak makanan yang menimbulkan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik). Rendahnya lemak jenuh dapat ditemukan pada susu dan produk daging. Lemak jenuh diciptakan dari artifisial minyak yang terhidrogenasi yang sering ditemukan pada makanan cepat saji atau junk food.

Lemak jenuh sering dikaitkan dengan obesitas, penyakit jantung, penyakit stroke, dan depresi. Sebagai bagian dari studi ini, peneliti membutuhkan 1000 pria usia sehat yang berusia 20 tahun keatas yang tidak didiagnotis dengan penyakit jantung. Peserta penelitian mengisi kuesioner diet jenis makanan dan jumlah lemak jenuh yang mereka konsumsi. Untuk mengukur daya ingat, peneliti menggunakan tes yang disebut dengan "kata berulang". Peneliti menyediakan kartu dengan kata kata tertentu pada masing-masing peserta. Peserta harus mengatakan apakah setiap kartu yang baru diberikan sudah ada kata atau belum muncul pada kartu sebelumnya.

Hasil studi mengatakan bahwa pria yang mengkonsumsi jumlah lemak jenuh lebih banyak mengalami kinerja otak yang buruk pada penelitian ini. Peneliti menyimpulkan bahwa hasil dari oksidasi lemak jenuh dapat menyebabkan melemahnya sel-sel otak bahkan kematian terhadap sel otak. Potensi efek memori yang rusak akibat lemak jenuh dapat disembuhkan dengan memotong lemak jenuh tersebut dari diet anda.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments