Melatih kebiasaan baik si kecil


Hei, tanganmu kotor! Ayo cuci tangan dulu! Teriakan ini tentu sudah biasa bagi ibu-ibu yang punya balita. Ya, itulah melatih kebiasaan si kecil. Namanya juga anak-anak, kepedulian mereka terhadap kebersihan tentu masih sangat kurang. Jadi, percuma saja mengharapkan si kecil untuk mencuci tanganya sendiri sebelum mengambil sepotong kue dari atas meja makan. Untuk mengajarkan kebiasaan si kecil yang baik seperti mencuci tangan, maka buatlah cara semenarik mungkin, pasti mereka senang untuk mempelajarinya.

Si kecil akan tahu bahwa merawat diri sendiri itu sangat menyenangkan, dan bagusnya kebiasaan baik ini akan menjadi rutinitas sehari-hari. Dengan merawat diri sendiri, si kecil akan merasa dirinya berharga. Bantu anak anda memiliki kebiasaan  baru yang baik dengan cara berikut ini.

Mencuci tangan
Mencuci tangan adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran kuman penyakit. Bagaimana caranya? Ajarkan anak buang air kecil atau besar, juga sebelum makan atau minum dan setelah bermain peliharann atau di halaman rumah. Isi baskon dengan air hangat, lalu ajari anak dengan menggosok tanganya dengan sabun setiap hari selama sepuluh detik, bilas lalu keringkan. Buat acara tersebut jadi mengasyikan dengan bentuk sabun yang lucu dan handuk dengan karakter kartun diatasnya.

Makan yang sehat
Buat si kecil agar mau menyantap lima porssi buah dan sayur. Selain itu, banyak mengkonsumsi produk susu yang tinggi kalsium, protein dan karbohidrat. Agar si kecil tertarik dengan porsi, variasikan sayur dan buah-buahan menjadi berbagai macam makanan. Libatkan juga si kecil saat menyajikan makanan, dia pasti merasa senang.

Selalu aktif
Olahraga membantu otak dan tubuh si kecil berfungsi dengan baik. Bagaimana caranya? Buat aktivitas menjadi bagian dari kegiatan anda dan keluarga anda sehari-hari. Survey membuktikan bahwa anak-anak yang hidup dalam keluarga aktif jarang terserang penyakit dan terkena obesitas ketika mereka dewasa. Bawa si kecil ke taman untuk bermain atau tempat bermain.

Tidur nyenyak
Tidur yang cukup sangat baiik untuk membuat tubuh dan otak berkembang, bagaimana caranya? Tidak perlu repot-repot meninabobokan si kecil sampai tertidur. Anda harus ajarkan anak anda tidur sendiri. Pastikan ia pergi ketempat tidur dalam keadaan terjaga dan ia belajar bagaima cara untuk tidur sendiri, bantu dia dengan pendukung seperti minum susu.

Minum air putih
Minum air akan meningkatkan konsentrasi dan membantu organ tubuh berfungsi dengan baik. Bagaimana caranya? Pastikan si kecil minum air secara teratus setiap hari. Dia mungkin kurang menyadari manfaat minum air putih. Sehabis makan atau ngemil, berikan dia minum air putih, biarkan sekecil minum sendiri dari gelasnya sampai puas.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments