Tips Menyiapkan Anak Menghadapi Ujian Akhir


tips menyiapkan anak menghadapi ujian akhir
Tips menyiapkan anak menghadapi ujian. Dua hari lagi atau hari Senin (13/4) Ujian Nasional untuk tingkat SMU dan sederajat akan segara dimulai. Setelah itu secera berturut- turut dan mungkin hanya berselang beberapa pekan ujian akhir untuk setingkat SMP juga akan dilaksanakan, setelah itu diakhiri ujian akhir untuk setingkat SD pada bulan Mei mendatang.

Biasanya segala ketegangan bukan hanya harus dihadapi anak-anak yang akan menjalani ujian, namun juga orang tua yang akan mendampingi anak. Sangat disayangkan jika ketegangan yang dirasakan jika ketegangan orang tua justru akan menambah beban anak untuk menghadapi ujian.

Semestinya hal ini harus dihindarkan. Meski orang tua mempunyai kewajiban untuk mendorong dan memotivasi anak untuk lebih giat belajar bukan berarti membiatkan anak sampai mengalami stress.

Seperti yang ditulis dalam Kidspot ketika anak-anak tak mau menyampaikan perasaan mereka bahwa mereka mengalami tekanan saat menghadapi pra-ujian, hal ini bisa terbaca dari perilaku mereka. Misalnya:

  1. Mudah marah.
  2. Mudah sedih.
  3. Gelisah.
  4. Enggan menjalankan kegiatan yang biasanya mereka sukai.

Jika tanda- tanda ini muncul, apa yang harus anda lakukan?

1. Mendampingi secara emosional
Saat menjalani masa sulit seperti ujian, anak-anak membutuhkan kehadiran dan perhatian orang tua mereka. Mereka butuh dimengerti, maka jangan sepelekan saat-saat bisa bersama mereka. Hali itu akan membuat mereka nyaman dan merasa percaya diri.

2. Ketahui perasaan mereka
Dorong anak untuk bicara tentang apa yang mereka rasakan. Dengarkan dengan kasih sayang, sehingga mereka mengerti bahwa mereka didukung sepenuhnya untuk menghadapi ujian akhir dan perasaan yang tegang sebelum menghadapi ujian adalah hal yang normal.

3. Bangun rasa percaya diri mereka
Ajari anak untuk lebih berani dengan menunjukan bahwa mereka mampu menghadapi ujian akhir, bahkan saat mereka merasa gugup. Menanamkan perasaan positif pada anak akan sangat membantu mereka meraih sukses. Bukan hanya saat menghadapi ujian akhir saja, tapi juga dalam perjalanan karir mereka nanti.

4. Ajari berpikir positif
Mengajarkan kata-kata penegasan sangat penting untuk mereka. Misalnya dengan mengganti kata-kata negatif "saya tidak bisa" diganti dengan kata-kata positif "saya akan terus mencobanya sampai bisa".

5. Bantu mereka mempersiapkan ujian akhir
Berkoordinasi dengan sekolah tentang dimana anak-anak akan menjalankan ujian akhirnya. Apa saja yang akan diujikan, bagaimana ujian akan berlangsung. Lebih baik lagi jika anda dan anak sudah mengunjungi tempat ujian akan dilaksanakan.

Demikian tips meyiapkan anak untuk menghadapi ujian akhir. Artikel ini diambil dari beberapa sumber yang berbeda, semoga bermanfaat.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments