Agar tetap sehat di Bulan puasa Ramadhan


Agar tetap sehat di Bulan puasa Ramadhan
Agar tetap sehat saat puasa di bulan suci Ramadhan - Berpuasa selama sebulan penuh pada bulan suci bisa mendapatkan resiko dehidrasi. Bangun pagi untuk melakukan sahur, sholat tarweh di malam hari, tadarus Al Qur'an membuat kondisi tubuh kurang istirahat dan tidur, hal ini juga meningkatkan resiko dehidrasi untuk tubuh kita.

Itulah sebabnya sangat penting bagi anda untuk mengelola dan memanajemen waktu yang anda miliki serta makanan yang anda konsumsi agar tetap sehat dan energik sepanjang hari. Di bulan ramadhan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tepat dan dalam jumlah yang tepat.

Berikut adalah beberapa tips sehat selama bulan ramadhan:

Jangan melewatkan sahur
Pepatah mengatakan bahwa sarapan adalah makan yang paling penting. Dan selama bulan ramadhan makan sahur sangat penting. Walaupun mungkin anda berpikir bahwa makan sahur akan mengganggu tidur anda atau mungkin anda berpikir anda tidak akan makan sahur agar anda bisa tidur dengan nyenyak hingga fajar tiba, itu bukanlah ide yang bagus. Terutama untuk kesehatan anda.

Hindari makan berlebihan saat berbuka
Sama seperti tidak dianjurkan melewatkan makan sahur, makan secara berlebihan pada saat berbuka puasa juga dapat membahayakan tubuh anda.
Mengkonsumsi makanan bergizi dan tidak terlalu banyak atau mengkonsumsi makanan berlebihan terutama makanan yang tinggi lemak dapat mengakibatkan gangguan pencernaan dan berat badan. Jangan lupa untuk makan secara perlahan dan nikmatilah setiap suapan makanan anda.

Perhatikan Makanan yang harus dihindari
Diantara beberapa makanan yang wajib dihindari pada saat berpuasa di bulan ramadhan antara lain, makanan goreng gorengan, makanan asin dan juga makanan tinggi gula selain dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan tidak sehat, mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi gula juga dapat menyebabkan seseorang lesu dan lelah selama bulan puasa.
Sedangkan apabila anda banyak mengkonsumsi makanan yang asin dan banyak mengandung garam biasanya dapat menyebabkan seseorang mudah merasa haus.

Perbanyak minum air putih
Mengkonsumsi air putih merupakan salah satu anjuran agar anda bisa tetap sehat selama bulan ramadhan. Banyak mengkonsumsi air putih terutama antara berbuka dan juga sahur. Hal tersebut untuk mengurangi resiko dehidrasi selama berpuasa namun sangat tidak dianjurkan untuk meminum air putih dalam jumlah yang berlebihan sehingga menyebabkan kembung.

Selain air putih, anda juga bisa mengkonsumsi susu, jus buah, serta menghindari kopi, cola dan teh.

Pola makan dan aktivitas badan yang seimbang adalah kunci untuk puasa sehat selama bulan ramadhan.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments