Faktor Penyebab serangan Jantung Koroner


Faktor Penyebab serangan Jantung Koroner
Serangan dari jantung koroner adalah penyebab kematian terbesar di dunia dan di Indonesia. Penyakit ini bisa terjadi karena adanya sumbatan pada dinding bagian dalam pembuluh darah arteri. Pada umumya penyakit ini terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Berikut ini faktor penyebab serangan jantung koroner yang mematikan itu.

Hipertensi atau darah tinggi
Penderita tekanan darah hipertensi mempunyai resiko paling besar untuk terkena serangan jantung koroner. Hipertensi sendiri disebabkan oleh asupan makanan asin atau MSG yang berlebihan. Oleh sebab itu, kurangi konsumsi makanan asin dan lakukan cek kesehatan secara rutin.

Kolesterol tinggi dalam darah
Kolesterol ini berkaitan dengan gaya hidup masyarakat perkotaan yang cenderung sering menyantap makanan junk food atau makanan cepat saji. Balancing food bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah ini.

Kebiasaan merokok
Zat yang terkandung dalam rokok (tar dan nikotin) dapat meningkatkan kemungkinan terserang penyakit jantung.

Obesitas atau kegemukan
Obesitas adalah salah satu faktor penyebab jantung koroner. Penyebabnya adalah kurangnya aktivitas fisik atau olahraga. Olahraga sendiri sangat penting bagi tubuh karena lemak yang menyebabkan penyumbatan dapat terbakar melalu olahraga yang rutin.

Diabetes atau kencing manis
Penyakit ini adalah faktor yang paling berbahaya bila pasien juga terkena penyakit jantung. Mengapa demikian? Karena pengidap diabetes cenderung akan mati rasa. Penyakit jantung kerap disebut silent killer bagi penderita diabetes. Medical check up salah satu hal yang perlu dilakukan untuk mencegahnya.

Depresi berat atau stres
Depresi berat atau stres atau beban pikiran akan menambah kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung. Oleh sebab itu biasakan berpikir tenang dan positif agar terhindar dari penyakit-penyakit mematikan.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments