Manfaat Puasa Untuk Kesehatan


manfaat puasa untuk kesehatan

Puasa yang sehat dapat memberikan manfaat kesehatan secara psikis dan fisik. Tapi puasa yang dilakukan secara tidak sehat dapat melemahkan tubuh dan membahayakan kesehatan.

Ketika sedang berpuasa, tubuh mengalami perubahan sesuai dengan lama berpuasa. Faktanya tubuh membutuhkan waktu 8 jam untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Artinya, tubuh akan mempunyai ketahanan jika diberi asupan gizi terlebih dahulu.

Pada kondisi normal, sumber energi utama dalam tubuh adalah gula yang tersimpan di hati dan otot. Selama berpuasa, simpanan gula ini digunakan untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Setelah gula terpakai, lemak menjadi sumber energi berikutnya dan dapat mengurangi berat badan.

Jika sumber-sumber energi  tersebut masih belum cukup, tubuh akan membakar protein otot untuk menghasilkan energi. Fase terakhir adalah kelaparan, makanya sangat penting untuk segera berbuka puasa jika sudah waktunya.


Manfaat Puasa Untuk Kesehatan
Secara psikis puasa dapat menanggulangi stres dan depresi karena harus bisa mengendalikan diri sendiri. Selain itu, setelah beberapa hari berpuasa, tubuh akan mengalami peningkatan endorfin dalam darah yang memberikan perasaan sehat secara mental. Ada banyak manfaat puasa untuk kesehatan tubuh, berikut ini manfaatnya:

1. Membantu memperbaiki kondisi medis.
2. Menyehatkan jantung.
3. Mengurangi resiko kanker.
4. Menjaga berat badan.

Demikian beberapa penjelasan ilmiah tentang manfaat kesehatn saat berpuasa.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments