Cara Mencegah Kanker Prostat


cara mencegah kanker prostat
Cara mencegah kanker prostat - Kanker prostat adalah sejenis penyakit kanker yang diderita oleh pria dan menyerang bagian prostat yang terletak di bagian bawah kandung kemih.

Kanker prostat dapat menyebabkan rasa sakit dan sulit buang air kecil. Umumnya penyakit ini lebih sering diderita oleh pria Eropa dan Amerika dibandingkan dengan pria Asia.

Meskipun demikian, mencegah kanker prostat dengan menerapkan pola hidup sehat lebih penting daripada dibiarkan begitu saja dan tidak menyadari bahwa resiko terjadinya kanker prostat sedang mengancam. 

Walaupun tidak ada terapi khusus untuk mencegah kanker prostat, namun penerapan gaya hidup yang sehat sangat berperan untuk menghindari kanker yang satu ini.



Tips untuk mencegah kanker prostat:

Berhenti merokok
Memang tidak dipungkiri bahwa merokok dapat menyebabkan terjadinya berbagai penyakit termasuk kanker prostat. Berdasarkan riset, penderita kanker prostat yang masih merokok lebih rentan mengalami kekambuhan dan kanker prostat yang diderita bisa berubah menjadi lebih agresif. Sebaliknya, penderita kanker prostat yang berhenti merokok mempunyai kemungkinan untuk sembuh sama seperti mereka yang belum pernah merokok sebelumnya.

Konsumsi makanan yang mengandung lemak nabati
Lemak nabati lebih aman dikonsumsi daripada lemak hewani. Menurut penelitian mengkonsumsi lemak hewani dapat menyebabkan terjadinya kanker prostat. Sebaiknya, para pria mulai mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak nabati seperti kacang-kacangan, sayur-sayuran dan minyak zaitun.

Olah raga secara teratur
Olahraga bisa mengurangi timbunan lemak yang dapat mengakibatkan terjadinya kanker prostat. Lakukan olahraga selama minimal 15-30 menit sehari secara teratur. Olahraga yang perlu dilakukan cukup yang sifatnya ringan seperti berlari, senam dan bersepeda santai.


Read Also:

Related Posts
Disqus Comments