Nutrisi Penting Untuk Mencerdaskan Anak

Nutrisi Penting Untuk Mencerdaskan Anak
Nutrisi penting untuk mencerdaskan anak - Makanan setiap hari bukan hanya untuk memenuhi isi perut dan energi fisik, tetapi lebih dari itu, yaitu untuk membangun kecerdasan otak, membantu untuk berkonsentrasi, dan menjaga stabilitas emosi, terutama untuk anak.

Oleh sebab itu, ada beberapa aturan penting yang perlu di perhatikan dalam memberikan makanan yang mengandung nutrisi untuk kecerdasan intelejensi anak. Berikut ini faktor nutrisi penting untuk perkembangan kecerdasan anak.

Keseimbangan gula darah
Gula adalah nutrisi penting untuk kecerdasan otak. Akan tetapi, kita harus memastikan prasekolah  mendapatkan asupan gula tersebut dari jenis makanan dan jumlah yang tepat, serta kapan pemberiannya. Kelebihan gula dalam darah akan tersimpan dalam lemak di perut. Prinsipnya, makan sedikit dan sesering mungkin dapat membantu menjaga energi dan konsentrasi anak.kita harus memastikan prasekolah  mendapatkan asupan gula tersebut dari jenis makanan dan jumlah yang tepat, serta kapan pemberiannya. Kelebihan gula dalam darah akan tersimpan dalam lemak di perut. Prinsipnya, makan sedikit dan sesering mungkin dapat membantu menjaga energi dan konsentrasi anak.

Terlalu banyak gula (makanan yang manis), cenderung akan membuat sifat anak menjadi hiperaktif dan sulit konsentrasi dalam belajar. Akan tetapi, jika kekurangan zat gula dalam darah, anak akan mudah lelah dan juga akan sulit berkonsentrasi.

Untuk menyeimbangkan gula darah, berilah anak sekolah makanan yang “melepaskan” gula secara perlahan dalam darah, seperti oat, beras merah, dan sayuran. Selain itu, ajari anak sekolah makan 3 kali sehari dan 2 kali makanan selingan. Kombinasikan protein dan karbohidrat, karena protein dapat memperlambat penyerapan gula yang ada dalam karbohidrat. Contoh menunya, sereal dengan susu, roti isi telur, dan yoghurt dengan buah.

Berikan lemak yang dibutuhkan
Otak anak sekolah juga sangat membutuhkan lemak, karena 60% bagian otak mengandung lemak. Kekurangan lemak esensial akan berpengaruh pada kecerdasan dan perilakunya. Beberapa lemak yang sangat dibutuhkan untuk kecerdasan otak adalah ikan laut seperti: salmon, sarden, dan tuna. Berikan telur yang juga mengandung omega-3, serta biji-bijian seperti kacang dan kedelai.

Berikan vitamin dan mineral
Vitamin dan mineral adalah nutrisi penting yang berfungsi menjaga otak agar tetap bekerja optimal. Keduanya merupakan kunci untuk membangun dan membangun kembali otak. Untuk memperolehnya, berikan anak buah dan sayuran setiap hari, serta kurangi pemberian makanan olahan.

Kurangi makanan yang mengandung zat buatan
Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat adiktif terlalu banyak dapat mempengaruhi asupan nutrisi otak. Beberapa contohnya adalah jajanan atau camilan yang mengandung gula buatan dan zat kimia aditif makanan (pewarna). Perhatikan pula alergi atau intoleransi makanan tertentu yang dialami prasekolah.

Anak alergi bukan karena kekurangan asupan nutrisi. Misalnya, anak alergi dengan susu. Padahal susu mengandung kalsium dan lemak. Untuk menjaga kebutuhan kalsium anak, berilah sayuran hijau, daging dan kacang-kacangan sebagai pengganti susu.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments