Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar
Penyebab menstruasi tidak lancar dan cara mengatasinya - Menstruasi atau datang bulan yang terjadi secara rutin pada wanita bisa saja terganggu kelancaranya yang disebabkan oleh beberapa hal. Gangguan ini umumnya dirasakan oleh para wanita dengan tidak lancarnya siklus menstruasi yang terjadi.

Gangguan yang terjadi seperti ini diakibatkan oleh dua hormon dalam tubuh yaitu estrogen dan progesteronnya mengalami penurunan. Kedua hormon inilah yang memberikan pengaruh pada lancar dan tidaknya siklus menstruasi yang terjadi pada wanita.

Penyebab penurunan hormon ini pun bisa disebabkan beberapa hal. Kurangnya hormon estrogen bisa dikarenakan menopause atau juga berat badan yang berlebihan. Berlebihnya berat badan bisa memicu munculnya penyakit tiroid yang berfungsi sebagai penyeimbang metabolisme tubuh.

Akan tetapi jika kelenjar ini mengalami gangguan, maka berpengaruh pula pada terganggunya siklus mestruasi. Selain itu, olahraga yang terlalu berat juga bisa menyebabkan turunnya hormon estrogen ini.
 
Adapun penyebab kurangnya progesteron yaitu stres, disfungsi hati, diet ketat, kurangnya berolahraga, serta obat-obatan tertentu yang bisa memacu penurunan hormon ini. Stress dapat mempengaruhi salah satu bagian dari otak, yaitu hypothamalus sebagai tempat dari semua hormon dan berfungsi mengontrol waktu haid.
 
Sedangkan diet ketat menjadi akan menurunkan berat badan yang drastis akan tetapi bisa mempengaruhi pada penurunan progesteron yang akhirnya membuat waktu menstruasi menjadi tidak lancar. Hal lain yang bisa memicu tidak lancarnya waktu haid yaitu penggunaan alat kontrasepsi seperti pil KB, Suntik KB atau jenis yang lainnya.
 
Untuk mengurangi masalah ketidaklancaran menstruasi, bisa di lakukan beberapa upaya dengan mengkonsumsi beberapa ramuan herbal seperti temulawak. Selain itu bisa pula dengan memperbanyak meminum jus wortel, jahe, atau mengkonsumsi langsung pepaya, labu pait dan juga mentimun.
 
Hal lain yang bisa di usahakan yaitu mengurangi stress, istirahat yang baik dan berolahraga sesuai kekuatan kondisi tubuh. Adapun yang berminat untuk melakukan diet, usahakan menghindari diet tidak sehat yang bisa membuat penurunan drastis pada berat badan tubuh. lakukanlah diet sehat yang bisa menurunkan berat badan tapi tetap sehat.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments