Ciri Kandungan Sehat


Gaya hidup sehat calon ibu akan sangat mempengaruhi kandungan janin yang akn dilahirkanya. Pola makan dan nutrisi yang seimbang serta olah raga yang tepat harus diperhatikan oleh calon ibu. Ada ciri dan tanda bahwa kandungan ibu hamil sehat, kehamilan yang dijaga dengan baik secara aktif dapat mencegah kelahiran cacat atau prematur serta hal yang tidak diharapkan.

Ciri Kandungan Sehat

Berikut ini tanda atau ciri kandungan sehat

Tekanan gula darah normal
Tanda utama dari kandungan yang sehat adalah kadar gula ibu hamil yang normal, ibu hamil harus terus memantau kadar gula darahnya. Pemantauan ini bisa dilakukan tiap trisemester. Bila terjadi lonjakan gula darah yang signifikan dapat menyebabkan pre-eklamsia, hal ini akan membuat bayi akan terlahir premature.

Pertumbuhan janin dalam kandungan
Tingkat dimana janin tumbuh dapat menentukan kesehatan bayi. Anda dapat memeriksa berat badan ibu hamil atau selama USG. Kurangnya pertumbuhan janin dapat menjadi tanda kekurangan nutrisi dan oksigen di dalam kandungan yang bisa menyebabkan gangguan fungsi pada plasenta, hal ini dapat menyebabkan keguguran pada calon bayi.

Berat badan ibu hamil
Dokter spesialis kandungan atau anak biasanya akan merekomendasikan peningkatan 13 sampai 15 kilo selama kehamilan. Namun, jika ibu hamil mengalami peningkatan berat badan yang signifikan, biasanya dokter akan menyarankan untuk mengurangi berat badan ibu hamil.

Tingkat hormon
Progesteron dan estrogen, dua hormon yang menggambarkan ciri kandungan sehat selama kehamilan. Seorang ibu hamil bisa menghasilkan 400 mg progesteron bila dibandingkan dengan wanita tidak hamil yang hanya menghasilkan sekitar 20 mg progesteron. Hormon ini berfungsi untuk mengatur endometrium untuk inplantasi.

Gerakan janin dalam kandungan
Dokter biasanya menyarankan untuk menghitung gerakan janin selama kehamilan. Janin yang bergerak menandakan bahwa janin itu dalam keadaan sehat. Biasanya gerakan ini  dimulai pada usia kandungan antara 16 sampai 18 minggu saat kehamilan.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments