Jenis sayuran kaya vitamin


Sayuran merupakan sumber vitamin dan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan gizi dan nutrisi sayuran dikategorikan menjadi beberapa kelompok seperti vitamin tinggi, kalium tinggi, dan antioksidan.

Vitamin memerankan peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan berbagai ancaman penyakit serius, misalkan kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan berbagai macam gangguan penyakit kulit, dan kekurangan vitamin E menyebabkan kekuatan otot menjadi lemah.

Akan tetapi, makan terlalu banyak sayuran juga bisa membahayakan kesehatan. Oleh karena itu para pakar kesehatan selalu menganjurkan untuk mengkonsumsi nutrisi yang seimbang. Berikut ini beberapa sayuran yang memiliki jumalh vitamin yang tinggi.

Wortel
Wortel terkenal karena vitamin A nya yang baik untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Wortel kandungan vitaminnya akan tetap meskipun Anda memakan secara mentah ataupun diolah seperti dijadikan sup ataupun ditumis.

Ubi Jalar
Ubi jalar juga kaya akan vitamin A seperti wortel. Ubi juga memiliki segudang manfaat apalagi bila dimakan dengan kulitnya. Meskipun memiliki sedikit rasa manis, ubi jalar bebas dari lemak, kolesterol dan kalorinya juga rendah.

Jenis sayuran kaya vitamin

Jamur
Jamur yang dikenal sebagai superfood karena memiliki banyak nutrisi dan protein. Tidak hanya itu saja, jamur juga memiliki kandungan vitamin D yang dibutuhkan untuk tubuh.

Sayuran hijau
Pastikan untuk menambahkan sayuran berdaun hijau seperti bayam, lobak hijau, dan daun sawi, dalam menu makanan Anda. Mengapa? Sebab mereka merupakan sumber terbaik dari vitamin A.

Tomat
Tomat adalah salah satu sayuran yang sangat populer di Indonesia. Tomat juga menjadi sumber yang baik dari vitamin C dan vitamin A. Tidak ketinggalan pula, kandungan nutrisinya menjadikan tomat wajib  dijadikan makanan harian anda.

Paprika Merah
Paprika merah memiliki kandungan yang tepat dari vitamin A, vitamin C dan lycopene. Paprika bisa Anda konsumsi dengan mentah atau menjadikannya sebuah salad yang enak

Kacang Hijau
Kacang hijau sangat rendah kalori dan bisa dimakan secara global alias tersedia di mana-mana. Kacang hijau juga kaya akan vitamin A, B, C, dan vitamin K.

Mentimun
Mentimun adalah umber yang baik dari vitamin C, menjadikan mentimun sangat sehat karena tidak memiliki lemak, kolesterol dan sodium. Jadi, selain baik untuk kecantikan, mentimun juga bagus untuk kesehatan.

Jagung
Jagung juga merupakan sumber terbaik dari vitamin C yang juga kaya akan serat. Bagaimanapun Anda memakannya, itu tidak akan mengurangi kandungan vitamin di dalamnya

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments