Obat Alami untuk bengkak Kelenjar Getah Bening


Obat Alami untuk bengkak Kelenjar Getah Bening
Kelenjar getah bening adalah struktur berbentuk seperti kacang yang berfungis menyaring cairan limfatik. Limfatik sendiri berfungsi sebagai tempat penyimpanan sel darah putih yang memungkinkan untuk mencegah virus atau bakteri serta sel-sel mati beredar keseluruh tubuh.

Beberapa kelenjar getah bening yang dapat dideteksi dengan mudah berada di bawah rahang, kedua sisi leher, ketiak, di atas tulang selangka, dan kedua sisi pangkal paha.

Kelenjar getah bening Anda bisa  membengkak dan itu normal. Itulah tanda bahwa sistem limfatik springing sedang menjalankan tugasnya. Kelenjar getah bening akan membengkak ketika sedang berjuang melawan penyakit atau infeksi, serta ketika Anda stres. Beberapa alasan umum karena pembengkakan kelenjar getah bening adalah:

  • Dingin.
  • Flu.
  • Infeksi telinga.
  • Sakit tenggorokan.
  • Gigi terinfeksi.
  • Luka infeksi.


Bengkak pada kelenjar getah bening akan sembuh dengan sendirinya setelah "menyelesaikan tugasnya". Dokter mungkin memberi antibiotik atau obat-obatan anti virus untuk berurusan dengan akar penyebab masalah. Anda mungkin akan diberi obat penghilang rasa sakit karena kelenjar getah bening yang bengkak cenderung menyebabkan ketidak nyamanan.

Selain perawatan yang diberikan oleh dokter, ada juga beberapa pengobatan rumah yang dapat membantu Anda mengelola gejala terkait bengkak kelenjar getah bening. Berikut ini langkah yang bisa Anda terapkan:

Kompres dengan air hangat
Ambil kain lap kecil dan celupkan dalam air panas kemudian peras. Lipat rapi dan letakan di atas  kelenjar getah bening yang bengkak. Panas akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mengurangi peradangan dan nyeri. Anda dapat menerapkan kompres hangat beberapa kali setiap hari sampai pembengkakan hilang.

Berikan pijatan lembut
Gunakan ujung jari Anda, pijat secara lembut pada bengkak kelenjar getah bening dengan  gerakan melingkar atau menekan ringan pada daerah yang bengkak berulang kali. Melakukan hal ini merangsang kelenjar getah bening, menyebabkan proses penyaringan yang  dilakukanlebih cepat. Anda juga dapat mencari seorang profesional yang menawarkan pijat drainase getah bening.

Makan Bawang Putih
Kupas 2-3 siung bawang putih dan makan satu per satu. Anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan bawang putih. Dokter mengatakan bawang putih memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang menakjubkan. Itulah sebabnya kenapa makan bawang putih dapat bermanfaat untuk seseorang yang kelenjar getah beningnya membengkak.

Minum susu dengan kunyit
Ada banyak rempah-rempah di bumi ini yang sangat baik dalam mengobati peradangan, dan salah satu yang paling populer adalah kunyit. Ambil keuntungan dari sifat anti-inflamasi kunyit ini dengan mencampur satu sendok teh dalam segelas susu hangat.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments