Cara Mencegah Kanker Payudara


Cara Mencegah Kanker Payudara
Kanker payudara adalah masalah serius bagi kebanyakan orang. Penyakit ini sangat mempengaruhi kehidupan wanita untuk masa depanya. Salah satu cara mencegah kanker payudara adalah mengetahui penyebab utama lalu menghindarinya.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan terhadap pencegahan kanker payudara. Jika Anda mengetahui faktor-faktor risiko penyebab kanker payudara yang berbeda seperti sejarah keluarga, Anda harus lebih berhati-hati. Menyusun beberapa perubahan gaya hidup yang mudah yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko kanker payudara.

Hindari Alkohol.
Alkohol bisa sehat jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, segelas anggur merah sehari dan segelas bir setiap hari adalah sehat. Batas untuk konsumsi alkohol sehari adalah satu botol. Jumlah berlebihan dalam mengkonsumsi alkohol dikaitkan dengan berbagai macam penyakit, terutama hati dan kanker payudara.

Olahraga Teratur.
Latihan dapat mencegah berbagai penyakit. Olahraga teratur menunjukkan efek positif pada pencegahan kanker payudara. Untuk satu latihan membantu mengontrol berat badan. Wanita yang kelebihan berat badan ideal 20 sampai 30 kilogram lebih beresiko terkena kanker payudara. Ini deisebabkan karena tingkat estrogen dalam tubuh.

Estrogen dapat merangsang pertumbuhan sel kanker yang mengarah ke kanker payudara. Pra-menopause, estrogen yang diproduksi oleh indung telur, ovarium akan berhenti memproduksi hormon ini dan estrogen menopause posting berasal dari jaringan lemak. Itu berarti semakin tinggi tingkat estrogen Anda, semakin tinggi pula tingkat jaringan lemak dalam tubuh.

Jangan Merokok.
Tidak hanya terkait dengan kanker paru-paru, tetapi juga kanker payudara. Studi membuktikan hubungan antara kanker payudara dan rokok pada wanita premenopause. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan 40% lebih mungkin mengembangkan kanker payudara jika mereka merokok secara teratur atau mengkonsumsi satu bungkus per minggu. Merokok adalah kebiasaan yang sangat buruk yang menyebabkan berbagai faktor resiko penyakit.

Selalu Waspada.
Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara adalah kewaspadaan. Selalu memeriksa diri untuk melihat perubahan pada payudara Anda. Lakukan pemeriksaan tahunan dan tanyakan pada dokter tentang perubahan yang terjadi pada payudara Anda.

Sejarah Keluarga.
Sekitar 10% dari kanker payudara disebabkan oleh keturunan. Hal ini penting untuk mengetahui tentang sejarah keluarga Anda, bahkan dari ayahmu. Lihatlah sejarah keluarga Anda dan menuliskan penyakit terkenal seperti penyakit jantung, diabetes, penyakit mental dan kanker. Beberapa laki-laki dapat mewarisi Gen-gen yang dapat aktif selama beberapa generasi.

Kepadatan Payudara.
Salah satu cara terbaru untuk memahami Apakah Anda lebih rentan terhadap kanker payudara adalah untuk mengetahui kepadatan payudara Anda. Wanita yang memiliki 6 kali kepadatan payudara normal lebih rentan terhadap kanker payudara.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments