Obat Alami untuk gangguan Pendengaran

Obat Alami untuk gangguan Pendengaran
Banyak artikel kesehatan yang melarang kita untuk membersihkan telinga dengan cotton bat, itu memang benar adanya. Sebab bentuk dan kontruksinya tidak sesuai dengan daun telinga manusia. Lalu bagaiman caranya? Artikel ini akan membahas obat alami untuk gangguan pendengaran.

Pendengaran adalah salah satu dari 5 panca indera utama, artinya sangat penting dalam aktivitas sehari-hari kita, jadi kita harus menjaga kesehatan dan kebersihan telinga kita.

Dalam ilmu kesehatan, gangguan pendengaran dibagi menjadi dua bagian, primer dan sekunder.

Gangguna pendengaran primer disebabkan oleh halangan di aluran telinga yang menghalangi suara ke gendang telinga. Penumpukan kotoran di telinga adalah salah satu penyebab utama. Di sisi lain, gangguan pendengaran sekunder karena ada masalah yang merusak saraf-saraf di telinga atau struktur lainnya yang berfungsi mengumpulkan suara.

Satu contoh yang lain adalah akibat paparan terhadap suara keras. Cedera telinga, tumor dan asupan jangka panjang obat-obatan tertentu seperti aspirin dan antibiotik adalah penyebab lain gangguan sekunder.

Gangguan pendengaran dapat dihindari dengan menjaga kebersihan telinga serta memilih makanan yang sehat dan gaya hidup. Jika Anda sudah memiliki beberapa bentuk gangguan pendengaran, tujuannya adalah untuk mencegah masalah ini terus berkembang menjadi masalah serius.

Berikut ini beberapa pengobatan alami untuk gangguan pendengaran yang efektif dan terbukti mengembalikan pendengaran Anda menjadi optimal.

Teh Jahe
Dengan mengkonsumsi teh jahe secara teratur dapat membantu memecah lemak dan lendir yang terkumpul di telinga. Beberapa orang mengkompres telinga mereka dengan teh jahe untuk pengobatan.

Menerapkan Akupresur
Ada satu metode akupresur untuk gangguan pendengaran yang mudah digunakan. Lipat bagian atas daun telinga Anda sedemikian rupa. Gunakan jari tengah Anda, secara lembut tekan pada daun telinga yang dilipat 50 samapi 100 kali.

Gunakan Ginkgo Biloba
Selama bertahun-tahun, ginko biloba sangat direkomendasikan oleh tabib tradisional untuk mengobati gangguan pendengaran. Anda bisa menjadikan ginkgo biloba sebagai teh untuk diminum.

Gunakan minya esensial
Ada beberapa minyak esensial yang dapat digunakan jika Anda bermasalah dengan pendengaran dan ingin mengobati melalui aromaterapi. Diantaranaya termasuk rosemary, marjoram, lada hitam dan jahe. Tambahkan beberapa tetes minyak dan pijat pada dahi sampai dekat dengan telinga.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments