Cara mengatasi Keputihan

Cara mengatasi Keputihan
Cara mengatasi keputihan
Cara mengatasi keputihan: keputihan adalah cairan berwarna putih yang diproduksi di dalam rahim dan dikeluarkan melalui saluran vagina. Kondisi ini biasanya terjadi saat wanita mencapai pubertas atau sebelum menstruasi.

Cairan alami vagina ini adalah mekanisme untuk menjaga vagina secara alami agar terlumasi dan sepanjang hidup, meskipun kehadiran cairan ini akan terus berkurang setelah mencapai masa menopause.

Peningkatan jumlah cairan vagina seorang wanita yang banyak disebut leukorrhea dan dianggap normal dalam kondisi tertentu seperti beberapa hari sebelum haid, selama kehamilan, terapi hormon, gairah seksual, stres, emosional, dan selama ovulasi.

Bahan alami untuk mengatasi keputihan

Tips saat mengalami keputihan
  1. Gunakan celana dalam dari bahan benang katun, karena kain jenis ini akan menjaga kulit tetap kering dan menghindari vagina dari iritasi dan kulit kering.
  2. Hindari menggunakan pakaian ketat agar pori-pori kulit dapat bernafas.
  3. Tetap jaga kebersihan di area vagina dengan menggunakan sabun khusus dua kali sehari.

Gejala keputihan pada vagina
  1. Keluar cairan yang tebal dan lengket secara terus-menerus.
  2. Iritasi dan gatal-gatal pada vagina.
  3. Bau yang tidak enak dan sangat menyengat.
  4. Dalam kondisi parah, vagina akan mengeluarkan darah berwarna merah muda.
  5. Mudah lelah dan rasa sakit di area betis.
  6. Demam jika bersamaan dengan infeksi serius.

Sebenarnya vagina dapat mengobati sendiri masalah tersebut secara alami jika Anda tidak mau mengonsumsi obat kimia atau malu berkonsultasi dengan dokter.

Cara alami mengobati keputihan dengan herbal atau resep buatan sendiri.

Goosberry
Gooseberry India membantu menyembuhkan keputihan. Gunakan 3 gram bubuk gooseberry dan 6 gram madu, campurkan untuk membuat pasta dan gunakan sebagai obat oles dua kali sehari selama 30 hari secara berturut-turut.

Anda juga bisa menggunakanya sebagai jus, caranya ambil 20 gram gooseberry dicampur dengan ½ sendok makan madu selama sebulan, cara ini menawarkan hasil yang sangat positif.

Buah Pisang
Untuk menggunakanya sebagai pengobatan, Anda harus makan pisang setiap hari ketika Anda menderita keputihan. Ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya makan pisang dengan susu dan madu di pagi hari, masak pisang untuk menemani makanan atau meakan dua pisang raja dan dicampur dengan 3 sendok teh madu untuk makan dua sampai tiga kala dalam satu hari.

Buah Delima
Delima sangat bermanfaat ketika dikonsumsi sebagai buah atau dibuat sebagi jus. Tap daun granada juga memiliki khasiat untuk menghilangkan keputihan yang sangat mengganggu aktifitas Anda sehari-hari.

Ambil 30 daun segar delima, cuci daun secara menyeluruh dan taburkan mereka dengan 10 merica hitam. Buat campuran adonan dengan setengah gelas air dan saring. Minum resep alami ini di pagi hari dan malam hari sebelum tidur selama tiga minggu.

Bubuk Jahe Kering
Ambil 2 sendok teh bubuk kering jahe dan rebus dalam 250 ml air sampai air berkurang setengahnya. Minum ramuan ini selama tiga minggu dan Anda akan terbebas dari sakit keputihan yang menyebalkan.

Daun Kemangi
Buatlah minuman dari daun kemangi yang direbus, campur jus daun kemangi dan madu dalam porsi yang seimbang kemudian konsumsi ramuan ini pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur selama dua minggu.

Tawas
Tawas adalah antiseptik alami yang dapat dimakan secara langsung atau digunakan secara eksternal untuk mengobati keputihan. Ambil ¼ sendok teh tawas dengan air dua kali sehari untuk menyembuhkan cairan berwarna putih yang keluar dari kewanitaan Anda secar berlebih.

Anda juga dapat melarutkan tawas bubuk ke dalam air dan digunakan sebagai douche vagina. Ini adalah obat yang sangat efektif untuk menyembuhkan berbagai jenis infeksi yang terkait dengan alat kelamin wanita.

Beras Pati
Beras Pati membantu untuk mengobati keputihan serta penyakit perut. Rebus nasi sampai ruang cair Pati, kemudian minum dalam dosis kecil jika Anda menderita sakit keputihan.

Fenugreek
Rendam 1 sendok makan biji fenugreek dalam air semalam sampai pagi hari. Tambahkan ½ sendok teh madu untuk dan minum pada saat perut kosong di pagi hari. Anda juga dapat menyiapkan sebuah rebusan biji fenugreek untuk digunakan sebagai douche (pembersih vagina).

Daun Jambu
Rebus beberapa daun jambu dalam satu liter air sampai air berkurang setengahnya. Biarkan sampai dingin atau ketika masih hanga-hangat kuku. Gunakan ramuan ini sebagai douche atau pembersih secara alami dua kali sehari.

Tips saat Anda menderita infeksi keputihan yang sangat parah

Setiap kali Anda mengalami infeksi akut sangatlah penting untuk mengikuti pedoman dokter, karena dapat berubah menjadi sesuatu yang kronis jika langkah tidak segeradiambil. Vagina dapat juga dihubungkan dengan peningkatan stres dan gaya hidup yang salah.

Perempuan harus mengikuti rejimen olahraga teratur dan tetap sibuk dalam setiap kegiatan yang bersifat membangun dan kreatif untuk menjaga kebugaran fisik dan mengurangi stres. Hal ini juga sangat penting untuk selalu makan makanan yang sehat serta sayran dan buah segar seperti:mentimun, bayam, tomat, bawang, wortel, jeruk, apel, dll.

Tambahkan buah segar untuk diet Anda sehari-hari, terutama buah jeruk, untuk menjaga kesehatan. Ambil yoghurt dan menghindari susu untuk beberapa waktu selama menderita keputihan yang parah.

Hindari makanan yang digoreng dan mengurangi konsumsi teh dan kopi, karena mereka dapat memperburuk beberapa gejala seperti iritasi dan rasa panas seperti terbakar pada alat kelamin.

0 komentar: